Apa itu 5G? Yuk Pelajari Selengkapnya

Semua operator AS kini telah meluncurkan beberapa bentuk jaringan seluler 5G. Tapi apa itu 5G, dan seberapa cepat dibandingkan dengan 4G? Berikut adalah fakta yang kita ketahui sejauh ini.

“5G Nasional” ada di sini, tetapi bagi banyak orang, itu tidak membuat banyak perbedaan. AT&T dan Verizon mendukung variasi 5G Ikon “5G” menyala di ponsel cerdas baru Anda tetapi terasa dan berfungsi seperti 4G.

Itu mungkin membuat orang bertanya-tanya apa masalah besar dengan 5G. Apakah yang kita lihat sekarang bahkan 5G sama sekali? Jawabannya adalah ya – secara teknis. Ternyata teknologi 5G dan “pengalaman 5G” adalah dua hal yang sangat berbeda. Sekarang di AS kita mendapatkan yang pertama tanpa yang terakhir.

Namun, keadaan akan mulai berbalik. Jaringan 5G “ultra-kapasitif” T-Mobile telah memenangkan tes untuk jaringan seluler tercepat tahun 2021 dengan menunjukkan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada 4G, dan mulai akhir tahun 2021, jaringan C-band yang akan datang dapat mengubah permainan untuk AT&T dan Verizon.

5G adalah investasi untuk dekade berikutnya. Dalam transformasi seluler sebelumnya, kami telah melihat sebagian besar perubahan besar terjadi bertahun-tahun setelah pengumuman pertama. Ambil 4G, misalnya. Ponsel 4G pertama muncul di AS pada 2010, tetapi aplikasi 4G yang mengubah dunia kita baru muncul belakangan. Snapchat datang pada tahun 2012, dan Uber menjadi viral pada tahun 2013. Panggilan video melalui jaringan LTE juga menjadi besar di AS sekitar tahun 2013.

Jadi dengan mengikuti rencana ini, sementara kami mulai cocok dan mulai menggunakan 5G sekarang, Anda akan mengharapkan aplikasi 5G besar muncul pada tahun 2022 atau lebih baru.

1G, 2G, 3G, 4G, 5G

Pertama-tama, jika Anda pernah mendengar tentang ponsel Wi-Fi 5G atau ponsel “5G E” dari AT&T, itu bukan ponsel 5G. Berikut penjelasan lengkap 5G vs 5G E vs 5GHz: Apa Bedanya?

Dan jika Anda mendengar bahwa 5G adalah singkatan dari menara gelombang milimeter di setiap tiang lampu, itu tidak benar. Ini hanyalah salah satu dari tiga bentuk utama 5G yang kita lihat sekarang.

G pada generasi kelima ini berarti merupakan generasi teknologi nirkabel. Sementara sebagian besar generasi telah ditentukan secara teknis oleh kecepatan transfer data mereka, masing-masing juga telah ditandai dengan jeda dalam metode enkripsi, atau “antarmuka udara”, membuat mereka tidak kompatibel dengan generasi sebelumnya.

1G adalah seluler analog. Jaringan 2G, seperti CDMA, GSM, dan TDMA, adalah generasi pertama dari teknologi seluler digital. Teknologi generasi ke-3, seperti EVDO, HSPA, dan UMTS, membawa kecepatan dari 200 kilobit per detik menjadi beberapa megabit per detik. Pada Teknologi 4G, seperti WiMAX dan LTE, adalah lompatan maju berikutnya yang tidak kompatibel, dan sekarang berkembang hingga ratusan megabita dan bahkan kecepatan tingkat gigabit.

Rendah, sedang, dan tinggi

apa itu 5G? 5G memberi operator lebih banyak pilihan dalam hal gelombang udara daripada 4G. Khususnya, ini membuka gelombang udara jarak pendek “pita tinggi” yang tidak berfungsi dengan teknologi 4G. Tetapi 5G dapat berjalan pada frekuensi apa pun, menghasilkan tiga jenis pengalaman 5G yang sangat berbeda – rendah, sedang, dan tinggi.

Hal utama yang harus dipahami di sini adalah bahwa 5G tidak lebih cepat dari 4G pada saluran radio lama yang sama. Sebaliknya, spesifikasi 5G memungkinkan ponsel untuk menggunakan saluran yang jauh lebih luas di rentang frekuensi yang lebih luas. Operator dan FCC harus membuat saluran yang lebih luas itu tersedia, dan di situlah mereka sebagian besar gagal.

Dengan 4G, Anda dapat menggabungkan hingga tujuh saluran 20MHz untuk menggunakan total spektrum 140MHz. Sebagian besar waktu, ponsel menggunakan 60MHz atau kurang.

Dengan ponsel 5G low dan mid-band baru, Anda dapat menggabungkan dua saluran 100MHz untuk menggunakan 200MHz – dan menumpuk beberapa saluran 4G 20MHz di atasnya. Dalam jaringan 5G pita tinggi, Anda dapat menggunakan hingga delapan saluran dengan frekuensi 100MHz. Tetapi jika Anda tidak memiliki gelombang udara yang tersedia, Anda tidak akan mendapatkan kecepatannya.

Operator juga dapat secara fleksibel berbagi saluran antara 4G dan 5G menggunakan Dynamic Spectrum Sharing (DSS). DSS membuat dinding antara saluran 4G dan 5G dapat dipindahkan, sehingga operator dapat membagi saluran antara 4G dan 5G berdasarkan permintaan. Inilah yang digunakan Verizon untuk 5G “secara nasional”. Itu tidak melepaskan gelombang udara baru untuk 5G – itu hanya menggunakan kembali kemungkinan dan tujuan 4G – jadi kami belum pernah melihat DSS 5G memberikan kinerja yang jauh lebih baik daripada 4G.

Bagaimana cara kerja 5G?

Seperti jaringan seluler lainnya, jaringan 5G menggunakan sistem situs seluler yang membagi wilayahnya menjadi beberapa sektor dan mengirimkan data terenkripsi melalui gelombang radio. Setiap situs seluler harus terhubung ke jaringan inti, baik melalui koneksi kabel atau nirkabel.

Jaringan 5G menggunakan jenis enkripsi yang disebut OFDM, yang mirip dengan penyandian yang digunakan oleh 4G LTE. Antarmuka udara dirancang untuk latensi yang jauh lebih rendah dan fleksibilitas yang lebih besar daripada LTE.

Jaringan 5G harus lebih pintar dari sistem sebelumnya, karena mereka memanipulasi banyak sel yang lebih kecil yang dapat mengubah ukuran dan bentuknya. Tetapi bahkan dengan sel makro yang ada, Qualcomm mengatakan jaringan 5G akan dapat meningkatkan kapasitas empat kali lipat dari sistem saat ini dengan memanfaatkan bandwidth yang lebih luas dan teknologi antena canggih.

Tujuannya adalah untuk memberikan kecepatan yang jauh lebih tinggi, dan kapasitas yang jauh lebih tinggi per sektor, dengan latensi yang jauh lebih rendah daripada 4G. Badan standar yang relevan bertujuan untuk kecepatan 20Gbps dan waktu respons 1ms, di mana hal-hal yang sangat menarik mulai terjadi.

Apa itu 5G?

Sebagian besar demo 5G kehidupan nyata yang kami lihat melibatkan orang-orang yang mengunduh Netflix dengan sangat cepat ke ponsel mereka. Penggunaan semacam ini hanyalah sebuah tabel, hanya untuk membangun jaringan agar aplikasi yang lebih menarik dapat dikembangkan di masa depan.

Di telepon, CEO OnePlus Pete Lau mengatakan 5G dapat membuat penyimpanan onboard menjadi tidak relevan, yang sejalan dengan pemikiran yang saya dengar tentang peluncuran Samsung Galaxy S20. Galaxy S20 mengambil foto 108MP dan video 8K yang sangat besar, yang dengan cepat menghabiskan penyimpanan Anda dan sulit untuk diunggah kecuali Anda memiliki koneksi 5G yang cepat. Dalam perjalanan ke Korea, saya menemukan bahwa obrolan video berkualitas tinggi adalah pendorong utama keinginan untuk 5G.

Internet rumah 5G menunjukkan satu keunggulan utama dibandingkan 4G: kapasitas besar. Operator tidak dapat menawarkan layanan internet rumah 4G dengan harga yang bersaing karena tidak ada kapasitas yang cukup di situs seluler 4G untuk penggunaan bulanan 346GB yang diharapkan kebanyakan rumah sekarang. (Era pandemi telah mendorong angka itu ke atas karena orang-orang bekerja dan belajar dari rumah.) Jadi, jika 5G dilakukan dengan benar, itu dapat meningkatkan persaingan untuk internet di rumah di Amerika Serikat, di mana menurut laporan FCC 2016, 51% orang Amerika hanya memiliki satu pilihan 25Mbps atau lebih tinggi untuk layanan Internet rumah mereka. Verizon meluncurkan internet rumah 5G tanpa batas, tetapi sejauh ini sangat sulit untuk mendaftar.

Menyebarkan internet rumah 5G lebih mudah bagi operator dibandingkan dengan jalur serat optik dari rumah ke rumah. Alih-alih menggali ke setiap jalan, operator hanya perlu memasang serat optik di situs seluler setiap beberapa blok dan kemudian menyediakan modem nirkabel kepada pelanggan. Kami memiliki ulasan tentang layanan internet rumah 5G T-Mobile, yang sejauh ini lebih baik daripada DSL, tetapi tidak sebagus serat.

Leave a Comment