Android 12 Go Akan Membuat Smartphone Murah Lebih Cepat

Fakta bahwa smartphone Android murah akan tetap ada dan kemungkinan akan tetap menjadi perangkat paling populer di pasar. Dengan penjualan ponsel yang sangat terjangkau, sangat sulit untuk mengabaikan ukuran tipis yang diwakili oleh segmen ini. Sangat sulit sehingga Google, pada tahun 2017, memulai proyek Android Go. Google membuat versi khusus Android yang diturunkan dengan nama yang sama yakni android 12 go.

Sebelumnya hari ini, Google mengumumkan pembaruan besar untuk versi Android Go yang akan datang berdasarkan Android 12. Versi ini – secara mengejutkan disebut Android 12 Go Edition – akan diluncurkan ke jutaan pemilik smartphone terjangkau pada tahun 2022.

Menurut Google, peningkatan pada Android 12 Go Edition akan mengurangi waktu buka aplikasi hingga 30%. Mengingat bahwa waktu buka aplikasi sangat lambat pada ponsel kelas bawah. Pengurangan 30% akan membuat perbedaan nyata bagi pengguna Android Go sehari-hari.

Ponsel cerdas yang terjangkau biasanya memiliki kapasitas baterai yang besar. Masa pakai baterai pada umumnya bukan masalah utama pada perangkat ini. Namun, Google tidak puas dengan sistem manajemen baterai saat ini di ponsel Android Go. Google secara khusus berfokus pada teknik penghematan baterai perangkat yang lebih terjangkau dengan Android 12 Go Edition.

Beberapa fitur yang sudah lama ada di platform Android akhirnya akan hadir di Android 12 Go Edition. Ini termasuk dasbor privasi dan kemampuan untuk membuat beberapa profil di ponsel yang sama.

Fitur lain yang akan masuk ke Android Go adalah cara yang lebih sederhana untuk berbagi aplikasi. Menggunakan data untuk mengunduh aplikasi Play Store. Metode ini memungkinkan pengguna untuk berbagi aplikasi dengan perangkat terdekat menggunakan fitur Google Nearby Sharing. Fungsi terjemahan juga sedang dikerjakan, agak mirip dengan yang kita lihat di JioPhone Next.

Baca Juga:   Huawei Nova 9: Review Dan Spesifikasinya

Google mengatakan kita harus mengharapkan pembaruan Edition ini untuk mencapai smartphone yang terjangkau sekitar tahun depan.

Sekilas tentang Google Android 12 Go.

Luncurkan aplikasi lebih cepat

Aplikasi di perangkat Android 12 (Go edition) Anda akan diluncurkan hingga 30% lebih cepat dan dengan animasi yang lebih halus – artinya aplikasi akan langsung terbuka, tanpa harus menunggu di layar kosong. Kami juga telah membuat API SplashScreen sehingga semua pengembang dapat secara konsisten memberikan pengalaman yang mulus saat pengguna meluncurkan aplikasi mereka.

Daya tahan baterai lebih lama

Android 12 (edisi Go) akan secara otomatis menghemat masa pakai baterai dan penyimpanan dengan menghibernasi aplikasi yang sudah lama tidak digunakan – terutama berguna untuk perangkat dengan penyimpanan terbatas. Sementara itu, aplikasi Files Go yang diperbarui akan memungkinkan Anda memulihkan file dalam waktu 30 hari, sehingga Anda dapat menghapus file yang tidak perlu dengan percaya diri untuk mengosongkan ruang sementara itu.

Fitur Lebih Cerdas

Android 12 (edisi Go) juga membuat konten Anda lebih mudah dipahami. Pergi ke layar aplikasi terbaru, Anda akan melihat opsi untuk mendengarkan berita dan menerjemahkan konten apa pun di layar ke bahasa pilihan Anda.

Berbagi aplikasi termudah

Aplikasi adalah bagian penting dari pengalaman ponsel cerdas, tetapi mengunduhnya terkadang dapat menyebabkan biaya data tambahan. Dengan Android 12 (edisi Go), Anda dapat menghemat data dengan membagikan aplikasi secara langsung ke perangkat terdekat menggunakan Nearby Sharing dan Google Play.

Baca Juga:   Samsung Galaxy A03 Core Review dan Spesifikasi

Lebih banyak kontrol privasi

Android 12 (edisi Go) akan memberi Anda lebih banyak transparansi tentang aplikasi mana yang mengakses data Anda, dan lebih banyak kontrol untuk membatasi seberapa banyak informasi pribadi yang dapat diakses aplikasi Anda.

Untuk melakukan ini, kami menambahkan dasbor privasi baru. Anda akan melihat cuplikan aplikasi yang mengakses jenis data sensitif tertentu, seperti mikrofon, dan mencabut izin jika perlu. Dan indikator privasi baru di bilah status Anda akan memberi tahu Anda dengan tepat kapan aplikasi Anda mencapai mikrofon atau kamera Anda.

Leave a Comment