Kontrol Orang Tua di Instagram: Fitur Baru Yang Akan Segera Hadir

Instagram adalah platform media sosial yang populer digunakan dan dinikmati oleh banyak anak-anak dan remaja. Anak-anak hari ini sangat kecanduan Instagram dan menghabiskan sepanjang hari menggunakan aplikasi. Namun, seperti platform media sosial lainnya, Instagram juga bisa berbahaya bagi anak-anak. Kami akan memberi tahu Anda cara mengaktifkan kontrol orang tua di Instagram agar anak-anak Anda tetap aman di platform.

Sebelum Instagram, anak-anak akan menghabiskan sepanjang hari di Facebook, Twitter, dan YouTube. Sejak Snapchat dan Instagram memasuki dunia media sosial, anak-anak telah beralih ke platform ini. Mereka menganggapnya lebih ramah pengguna dan interaktif. Mereka memposting foto, video, dan cerita mereka di platform dan membaginya dengan teman-teman mereka.

Sementara anak-anak umumnya berpikir bahwa apa pun yang mereka bagikan di Instagram dalam bentuk postingan atau cerita tetap bersifat pribadi. Izinkan kami mengingatkan Anda bahwa tidak ada apa pun di internet yang bersifat pribadi. Faktanya, semua yang dibagikan secara online tetap disimpan secara online. Bahkan jika Anda menghapus salah satu posting Anda dari akun Anda, mereka akan tetap disimpan di suatu tempat di Internet.

Sama seperti Facebook, WhatsApp, dan Snapchat yang mengalami ancaman online, Instagram juga dikelilingi oleh mereka. Jumlah insiden cyberbullying dan pelecehan seksual anak yang terjadi di platform telah meningkat secara eksponensial dari waktu ke waktu.

Satu-satunya cara yang mungkin untuk menjaga anak-anak Anda tetap aman di platform adalah dengan mengaktifkan kontrol orang tua di Instagram. Anda dapat melakukannya dengan menginstal aplikasi pihak ketiga seperti SecureTeen di ponsel anak Anda. Atau anda bisa mengaktifkan kontrol orang tua bawaan yang disediakan oleh Instagram. Anda juga dapat mempelajari cara memasang kontrol orang tua di YouTube di sini.

Apa yang perlu diketahui orang tua tentang Instagram

Sebelum kami melanjutkan dan menjelaskan cara mengaktifkan kontrol orang tua Instagram di akun anak Anda, Anda perlu memahami beberapa hal penting tentang platform ini.

Baca Juga:   3 Hal yang Semua Pemasar Afiliasi Perlu Tetap Online

Pada dasarnya, Instagram dikenal dengan cyberbullying dan phishing online. Banyak anak menggunakan platform ini untuk mengunggah foto, video, dan cerita mereka di sana. Ada banyak troll online yang menghina anak-anak dengan memposting komentar kasar dan ofensif di bawah foto dan video mereka.

Biarkan kami memberitahu Anda bahwa cyberbullying adalah ancaman online yang serius. Banyak anak yang bunuh diri karena cyberbullying. Inilah sebabnya mengapa sangat disarankan untuk mengaktifkan kontrol orang tua di Instagram.

Banyak orang tua berpikir bahwa anak-anak mereka aman di Instagram karena mereka tidak akan menghadapi ancaman online apa pun di platform. Namun, mereka salah. Instagram juga digunakan oleh orang jahat yang mungkin memposting konten yang tidak pantas di akun mereka. Ada konten pornografi di platform itulah sebabnya platform dibatasi untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun.

Meskipun setiap pengguna harus memberikan tanggal lahir mereka, anak-anak dapat dengan mudah mengatasi kendala ini. Konten yang diposting oleh orang lain di Instagram mungkin menyinggung, kekerasan, atau bahkan telanjang. Untuk menjaga keamanan anak-anak Anda di internet, Anda dapat menginstal aplikasi kontrol orang tua seperti SecureTeen untuk memantau aktivitas mereka di aplikasi media sosial.

Cara mengatur kontrol orang tua di Instagram

Sekarang, mari kita pahami bagaimana Anda dapat mengaktifkan kontrol orang tua Instagram untuk anak Anda. Di bawah ini, kami telah membuat daftar beberapa langkah untuk mengatur kontrol orang tua Instagram.

Langkah 1

Langkah pertama untuk mengaktifkan kontrol orang tua pada akun Instagram anak Anda adalah dengan mengatur akun mereka sebagai pribadi. Anda perlu melakukan langkah ini karena semua akun Instagram disetel ke publik secara default. Karena itu, Anda perlu mengubah akun ke mode pribadi.

Dengan mengubah akun anak Anda menjadi akun pribadi, hanya teman dan pengikutnya (yang lagi-lagi sebagian besar teman) yang dapat melihat postingan mereka. Anda dapat melakukan ini dengan mengetuk gambar profil di menu bawah, lalu pada ikon tiga titik di sudut kanan atas, gulir ke bawah ke tempat yang bertuliskan Akun Pribadi.

Baca Juga:   3 Hal yang Semua Pemasar Afiliasi Perlu Tetap Online

Anda juga harus memastikan bahwa geolokasi dimatikan di akun mereka. Ini akan mencegah anak-anak Anda membagikan lokasi mereka ke akun mereka. Periksa juga apakah anak Anda telah memasukkan informasi pribadi seperti nomor ponsel, nama sekolah, alamat rumah, dll. Jika ada, Anda harus menghapus detail ini.

Langkah 2

Anda mungkin tidak ingin beberapa pengikut mengikuti profil Instagram anak Anda. Hal baiknya adalah Anda dapat menghapus pengikut yang tidak ingin dikuntit oleh foto atau video Instagram anak-anak Anda dengan mengunjungi halaman profil mereka, mengetuk daftar pengikut mereka, lalu mengklik tiga titik di sebelah pengikut. ingin Anda hapus dari profil anak Anda.

Langkah 3

Tidak ada keraguan bahwa komentar apresiatif pasti dapat membuat hari anak Anda bahagia. Namun, komentar buruk juga dapat merusak hari mereka. Anda cukup memblokir semua komentar yang menyinggung di postingan Instagram anak Anda dengan mengetuk tiga titik di halaman profil mereka, mengetuk kontrol komentar, lalu mengaktifkan Sembunyikan komentar yang menyinggung.

Instagram menggunakan beberapa protokol privasi untuk mencari komentar ofensif yang diposting di bawah foto/video, jadi kemungkinan ini tidak akan bekerja secara efektif setiap saat. Namun, protokol privasi ini semakin baik dari hari ke hari sehingga Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakannya.

Langkah keempat

Jika anak Anda mengikuti seorang terkenal atau influencer yang hanya memposting konten yang menyinggung atau tidak pantas di akun Instagram mereka, Anda dapat membuat mereka berhenti mengikuti dari akun anak Anda. Dengan berhenti mengikuti orang ini, anak Anda tidak akan dapat melihat postingan mereka di masa mendatang.

Hal baiknya adalah orang yang Anda berhenti mengikuti tidak akan dapat mengetahui bahwa Anda berhenti mengikuti mereka yang pada akhirnya membantu menghindari segala jenis konfrontasi. Untuk berhenti mengikuti seseorang di Instagram, yang harus Anda lakukan adalah membuka profil orang tersebut, dan klik tombol Ikuti yang akan berubah menjadi Ikuti setelah Anda berhenti mengikutinya.

Baca Juga:   3 Hal yang Semua Pemasar Afiliasi Perlu Tetap Online

Langkah kelima

Jika Anda ingin menonaktifkan komentar pada postingan tertentu di akun Instagram anak Anda, Anda juga dapat melakukannya. Ini akan mencegah pengikut anak Anda mengomentari pos tertentu. Untuk melakukan ini, pertama-tama Anda harus membuka pos khusus untuk anak Anda, klik tiga titik di sudut kanan atas, lalu klik “Matikan komentar”.

Langkah keenam

Di bagian Cerita, ada pengaturan yang memungkinkan pengikut mengirimi Anda pesan langsung sebagai tanggapan atas sebuah cerita. Setelan ini bersifat publik secara default, tetapi Anda mengubahnya menjadi pribadi sehingga pesan langsung anak Anda tidak terlalu rentan terhadap komentar buruk.

Untuk mengubah pengaturan ini, Anda perlu membuka cerita apa pun yang baru saja diterbitkan anak Anda, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan bawah layar, lalu pilih “Pengaturan Cerita.” Di bawah Izinkan membalas pesan, cukup pilih Nonaktif jika Anda tidak ingin siapa pun membalas cerita Anda.

Langkah ketujuh

Instagram juga memberi Anda opsi untuk memblokir atau melaporkan pengguna jika tidak pantas. Untuk melakukan ini, Anda perlu membuka halaman profil pengguna tertentu, klik tiga titik di sudut kanan atas, lalu pilih Blokir atau Laporkan.

Langkah 8

Jika anak Anda khawatir tentang temannya karena postingan Instagram dan merasa bahwa postingan tersebut dapat menyakiti teman mereka dalam banyak hal, mereka cukup melaporkan postingan tersebut. Untuk melaporkan postingan tertentu, buka postingan tersebut, klik titik tiga di pojok kanan atas, pilih “Laporkan”, lalu pilih “Tidak pantas”, lalu tentukan alasan mengapa Anda merasa tidak pantas, misalnya Anda bisa mencentang ” Cedera pribadi.”

Langkah 9

Jika Anda tidak menemukan Instagram yang cocok untuk anak Anda, Anda memiliki pilihan. Anda dapat menonaktifkan sementara atau menghapus akun anak Anda secara permanen.

 

Tinggalkan komentar